11 Pengalaman Dahsyat Yang Bisa Kamu Dapatkan Selama Menjalani Umroh

Labbaika Allahumma labbaika.
Labbaika la syarika laka labbaika.
Innal hamda wanni’mata laka wal mulka.
laa syarika laka.

Ya Allah, aku datang karena panggilanMu.
Tiada sekutu bagiMu.
Segala nikmat dan puji adalah kepunyaanMu dan kekuasaanMu.
Tiada sekutu bagiMu.

Berduyun-duyun jutaan umat manusia khususnya umat muslim sangat merindukan bisa datang ke Baitulloh (Rumah Alloh) di Masjidil Haram. Kata ustadz saya, memang benar-benar yang terpanggil yang akan bisa mengunjungi Tanah Suci. Bahkan mereka yang kaya semilyuner apapun kalau nama mereka tidak tercatat dalam catatan-Nya maka tidak akan terpanggil oleh-Nya ke Tanah Suci tetapi kalau meskipun pekerjaan dia hanya tukang becak kalau memang di-izinkan pasti akan berangkat dengan seizin-Nya dan akan diberikan jalan-Nya oleh Alloh SWT.

Pemandangan Suasana Kabah

Pemandangan Suasana Kabah

Sesampainya disana, perasaan bahagia, merinding, seneng, sedih bercampur aduk jadi satu dan pada akhirnya enggak tahu harus bilang apa karena saking-saking bahagianya bisa menginjakkan kaki ke Baitulloh. Menurut saya, bahkan kamu harus berusaha sekuat mungkin untuk bisa ke Baitulloh (dimulai dengan niat), dan seriously berapapun uang yang sudah kamu keluarkan gak akan sebanding dengan pengalaman yang didapat di Baitulloh. ini beneran lho

Nah saya akan share apasih pelajaran yang benar-benar bisa didapat seandainya teman-teman berencana ke Baitulloh.

1. Semua orang akan berlomba berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya setiap hari dan bahkan setiap jam

Suasana Masjid Nabawi

Suasana Masjid Nabawi


Liqo di Masjidil Haram

Liqo di Masjidil Haram

Di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram, kamu akan menemukan setiap shaf di masjid tersebut akan ada orang banyak membaca-baca Al-Qur’an, memperbanyak dzikir bahkan ceramah agama akan kamu temukan tiap hari meskipun ceramahnya dalam bahasa Arab. Ada orang yang bahkan merelakan sehariannya hanya di masjid hanya untuk shalat, dzikir, baca Al-Quran,bahkan untuk tidur sekalipun di masjid.Jadi enggak heran kalau nantinya kamu kalau datang ke Masjid Nabawi akan terbawa suasana untuk ikut berlomba disini.

2. Baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram, semua orang secepat mungkin untuk datang ke masjid lebih awal

Berjalan menuju masjid

Berjalan menuju masjid

Baik di Mekkah maupun di Madinah, sejam sebelum adzan orang-orang disana pasti sudah berjalan kaki menuju masjid. Mereka berlomba-lomba untuk dapet shaf paling depan. Mereka tau semakin shaf mereka di depan semakin banyak pahalanya, sebisa mungkin mereka merapatkan shaf-shaf shalatnya, bahkan kalau ada celah 15cm saja di antara shaf-shaf tersebut akan selalu ada orang baru yang mengisi celah tersebut.

3. Dengan shalat yang sedempet mungkin shaf-nya, dari situ kamu belajar kesabaran yang luar biasa

Sholat Berdempetan Shaf-nya

Sholat Berdempetan Shaf-nya

Ya, kamu wajib jangan marah dan jangan kesel kalau tiba-tiba tempat berdiri shalat kamu disesaki orang baru datang untuk mengambil sebagian jatah tempat shalat kamu. Meskipun kamu jadinya gak nyaman, tapi disitulah kamu belajar kesabaran yang luar biasa untuk bisa tetep khusyuk shalat-nya. Seperti cerita sebelumnya, semua orang yang ada di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi pada berebut sebanyak-banyaknya pahala maka mereka pasti akan berjuang sekuat tenaga untuk dapet shaf paling depan karena memang shalat di kedua masjid ini paling mulia. Kalau mau santai, ya shalat di masjid deket rumah aja ya!

4. Sekitaran Masjid Nabawi, kamu akan serasa di rumah sendiri. Para pedagang disana pada lancar berbahasa Indonesia

Pasar di Sekitar Masjid Nabawi

Pasar di Sekitar Masjid Nabawi

Jangan heran, kalau disana memang berasa rumah sendiri. Para pedagang disana pada hafal berbahasa Indonesia dan ada bahkan yang sampai mengamati kondisi politik di negeri kita ini. Rumornya mereka sengaja pada belajar berbahasa Indonesia, karena hanya orang Indonesia yang demen belanja banyak disana. hahaha. Selain itu sih, jamaah haji paling banyak di tanah suci emang banyak berasal dari Indonesia. Tapi jangan lupa ya, menawar produk mereka menjadi keharusan, karena ada beberapa pedagang yang emang nakal naikin harganya secara keterlaluan.

5. Berziarahlah kamu di seputar Madinah maupun di Makkah, dengan demikian kamu akan mengerti sejarah perjuangan Islam di Tanah Suci.

Masjid Quba

Masjid Quba


Shalat di Masjid Quba

Shalat di Masjid Quba

Meskipun waktu kamu pasti akan habis hanya untuk ibadah di kedua Masjid tersebut, jangan lupa untuk ber-ziarah ke tempat tempat lain selain Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram. Sebagai contoh di Madinah, ada Masjid Quba, Masjid ini adalah masjid tertua di dunia yang salah satunya dibangun pertama kali oleh Rosululloh SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah. Nah shalat sunnah 2 rakaat disini, itu pahalanya setara dengan 1 kali umroh. Kebayangkan kalau kamu shalat sunnah disini 8 rakaat, berapa kali pahala setara umroh-nya?

Kalau di Mekkah kamu juga bisa mengunjungi padang Arafah, dimana tempat tersebut merupakan wukuf para jamaah haji yang begitu luasnya. Dari sini kamu juga wajib tahu, ternyata berhaji wajib melewati di Arafah, kalau nggak melewati arafah otomatis batal hajinya. Karena rukun haji yang nggak bisa diganti dengan dam, hanya wukuf di padang Arafah.

6. Roudhoh adalah tempat yang istimewa, semua orang berebut berdesakan ingin shalat disana, kamupun harusnya juga begitu menyempatkan shalat disana.

Shalat di Roudhoh

Shalat di Roudhoh

Roudhoh adalah tempat yang istimewa, kenapa bisa dibilang begitu? Rosululloh menyebutkan diantara tempatnya dengan mimbar tempat beliau berkhotbah adalah Taman Surga karena sepanjang perjalanan menuju mimbarnya itulah tak pernah berhenti Rosululloh mengucapkan dzikir. Makanya semua orang sangat ingin shalat disana meskipun pada akhirnya berdesakan sekali karena memang tempatnya hanya 144m² saja!. Oleh karena itu meskipun berdesakan sangat tidak disarakan kamu ikut-ikutan dorong mendorong atau bahkan bertindak kasar hanya untuk shalat disana.

Makam Rosululloh SAW

Makam Rosululloh SAW

Oh iya sempatkan pula untuk menyapa makam Nabi Muhammad SAW, beserta dua sahabat beliau yaitu Khalifah Abu Bakr beserta Umar bin Khattab yang ada berada dalam satu tempat setelah keluar dari Roudhoh tetap ingat, tidak boleh berdoa disini lebih-lebih doanya menghadap makam nabi karena dikhawatirkan menjadi syirik adanya. Oleh petugas disana, siapapun yang ketahuan berdoa disana, pasti akan diusir makanya cukup melihat saja makam Rosululloh SAW.

7. Jabal Rahmah adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau sedang umrah maupun berhaji.

Pemandangan Jabal Rahmah

Pemandangan Jabal Rahmah


Tugu Jabal Rahmah

Tugu Jabal Rahmah

Salah satu alasan kenapa Jabal Rahmah wajib dikunjungi adalah salah satu tempat dimana doa-doa dijabahi oleh Alloh SWT. Salah satu yang dipercaya di tempat ini adalah kemantapan jodoh atau permohonan jodoh bisa dijabahi disini. Di tempat ini dipercaya sebagai tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa. Dahulu Nabi Adam dan Siti Hawa ketika diturunkan dari Surga, mereka diturunkan secara terpisah di muka bumi ini. Konon pada tugu Jabal Rahmah dipercaya sebagai tempat bertemunya mereka berdua.

Karena kasih sayang diantara mereka berdua-lah makanya dinamakan Rahmah yang artinya Kasih Sayang. Oleh karena itu dinamakanlah Jabal (Bukit) Rahmah. Oiya, kata ustadz yang mendampingi kami kemarin, jangan lupa kalau disini berdoalah supaya pada tanggal 9 Dzulhijjah bisa berhaji disini. Konon doa ini paling ampuh yang bisa dipercaya bisa dikabulkan karena dekat sekali dengan Padang Arafah.

8. Disana kamu akan mengerti betapa para manusia rela meninggalkan hal duniawi-nya hanya untuk panggilan shalat 5 waktu.

Sholat Berjamaah di Corniche Market

Sholat Berjamaah di Corniche Market

Di Corniche Commercial Center, Jeddah, Saya terkesan sekali dengan para penduduk Tanah Suci. Ketika adzan hampir berkumandang tiba, orang-orang langsung menutup dagangannya, saya kira pasarnya mau tutup. Ternyata enggak, mereka semua rela pergi meninggalkan hal duniawinya hanya untuk melaksanakan shalat fardhu dan mereka melaksanakan shalat berjamaah di jalanan di pasar sana. Disana kamu akan mengerti bahwa hal-hal ibadah ternyata enggak menggangu mereka dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari.

9. Saat berada pertama kali melihat Ka’bah, kamu jangan heran kalau tiba-tiba lidahmu kelu mau ngomong apa dan tiba-tiba tertunduk terdiam seribu bahasa.

Saat menjalani umroh yang pertama, begitu melihat Ka’bah saya langsung gemeteran, bingung, senang, sedih dan langsung lidah saya kelu nggak bisa ngomong apa. Perasaan pertama kali yang saya tangkap ketika melihat Ka’bah :

Pemandangan Ka'bah

Pemandangan Ka’bah


Suasana Ka'bah

Suasana Ka’bah

Subhanalloh, ini kah bangunan yang selama ini saya sembah?

Enggak ada perasaan yang bisa menggantikan, rasanya saya ini begitu kecil dihadapan-Nya dan perasaan kufur nikmat ternyata harus dibuang jauh-jauh begitu disana. Bagaimana enggak, semua orang yang melaksanakan tawaf menyebut kata-kata Alloh ( Subhnalloh, Alhamdulillah, Allohu Akbar, La illaha ilalloh, Astaghfirulloh ), dan kata tersebut tak pernah berhenti diucapkan selama 24 jam 7 hari disana karena saking banyaknya orang yang ingin dan ingin sekali semakin dekat dengan Ka’bah.

10. Berdoalah di Al-Multazam , Hajr Aswad dan Hijr Ismail, niscaya doamu langsung akan didengar langsung oleh Alloh.

Berdoa di Multazam

Berdoa di Multazam

Al-Multazam merupakan tempat diantara Hajr Aswad dengan Pintu Ka’bah. Tempat tersebut niscaya merupakan tempat dimana doa-nya paling dijabahi di Bumi ini. Konon katanya kalau sambil menempelkan dada, kemudian doa sambil menangis disana, doamu langsung terkabulkan oleh Alloh SWT. Di tempat ini segala kebimbanganmu, keluhanmu, keinginanmu yang belum tercapai, akan langsung sirna. Ketidakpastian akan masa depan, dengan memanjatkan doa serta berbicara langsung di rumah-Nya akan membuatmu percaya bahwa disana akan selalu disediakan jalan keluar yang lebih baik oleh Alloh SWT.

Sayapun juga merasakan hal yang sama ketika berada disana,berdoa dan menangis tentang semua permasalahan namun seolah-olah Alloh hanya membisikkan,

Percayakan saja pada-Ku, niatkan saja dirimu, Aku yang akan membereskan semuanya.

Setelah itu ketenangan batin dan hati yang didapat, saya merasa bahwa saya sudah menitipkan semuanya kepada Alloh dan mempercayakan jalan keluar nya juga sama Alloh. Sejak saat itu, saya makin yakin bahwa tangan-tangan Alloh yang akan membantu memudahkan semua urusan hamba-Nya.

11. Sepulang dari Tanah Suci, kamu akan mendapatkan dirimu berbeda yang dahulu, kamu pun merasa lebih optimis dan tenang menjalani semuanya.

Perjalananmu kesana pasti akan membuka spiritual-mu bahwa ternyata perlombaan meraih kebaikan antara kamu dengan mereka yang berada di Tanah Suci masih kalah jauh. Hal itu yang akan menjadi motivasi kamu untuk jadi lebih, lebih dan lebih baik lagi.Selain itu kamu juga akan semakin sadar, kalau kamu memang merasa kecil adanya hanya berada di depan Ka’bah dan bayangkan kalau itu di depan Alloh SWT.

Sesudahnya kamu pulang ke tanah air, kamu akan jadi lebih baik, lebih bijaksana, lebih banyak bersabar, dan lebih melihat persoalan dari sisi yang lebih luas. Kamupun pasti meyakini buat apa marah-marahan gak jelas sampai tegang otot di leher kalau kamu saja udah pernah merasakan bagaimana tegangnya kamu shalat dengan shaf sangat berdempetan sekali?

Tawaf Wada Terakhir di Ka'bah

Tawaf Wada Terakhir di Ka’bah

Selagi kamu masih muda, jangan sampai kamu menyesal tidak meniatkan diri untuk berkunjung ke Baitulloh karena pengalaman ini memang tidak bisa diganti dengan uang berapapun yang kamu punya, makanya enggak heran ketika mereka yang sudah menjalankan Tawaf Wada (Tawaf Penutup), mereka seolah gak rela pulang ke Tanah Air dan ingin berlama-lama di Baitulloh.

Jadi seriously, kamu yang sudah punya uang dan tenaga berlebih, masih mau nggak nyempetin kesana?

Muka Muka Bahagia!

Muka Muka Bahagia!

Oleh Oleh dari Diklat Manajemen Asset 20kV

5 hari Diklat Manajemen Asset 20kV dan Kubikel membawa banyak sekali informasi yang saya dapat. Tadinya saya kira diklatnya ada di Udiklat Pandaan namun ternyata diklatnya dipindah di suatu hotel di Tretes, Prigen , Pasuruan. Letaknya diapit oleh kaki gunung Arjuno – Welirang. Yang lebih bahagia lagi ternyata yang mengajar adalah bekas manajer saya, Pak Tjatur Endiek. Beliau ini dianggap sebagai bapak yang membangun atau bisa dikatakanlah merintis APD Jawa Tengah & DI Yogyakarta dimana waktu itu keadaan APD benar-benar kantornya seperti layaknya gudang dan sama sekali tidak layak dibilang sebagai kantor. Lewat transformasi beliau selama 4 tahun lah, APD mulai banyak bicara di Jawa Tengah & DI Yogyakarta.

Beliau mengajarkan betapa pentingnya manajemen asset dalam suatu perusahaan. Di PLN, pada sisi hulu (pembangkitan) penerapan Manajemen Asset sudah sangat teratur dan rapi sementara di sisi penyaluran (transmisi) mulai berbenah dengan mulai penerapan EAM (Enterprise Asset Management) sementara, bidang distribusi baru memulai hal tersebut. Padahal kenyataannya ujung tombak duit perusahaan ini ada bidang Hilir (distribusi) sehingga bila sisi distribusi terlambat menerapkan EAM, bayangkan betapa tidak efisiensinya perusahaan ini.

Kenapa kita perlu bicara EAM sebagai alat yang perlu dalam suatu perusahaan? Secara gamblangnya begini, bila suatu perusahaan tidak mengerti kondisi kekinian asset-nya, bagaimana mungkin bisa menerapkan rencana pemeliharaan, perawatan serta perbaikan yang ujung-ujungnya dapat menghemat uang perusahaan. Bisa saja, bila suatu alat tersebut rusak kemudian diganti, kas perusahaan hanya sedikit tersenggol untuk penggantian tetapi bisa dibayangkan kalau satu Indonesia ini semua peralatan semua, perusahaan bisa kehilangan pendapatan pada kesempatan pertama serta waktu penggantian yang tidak sedikit. Inilah mengapa pentingnya kenapa Manajemen Asset dalam suatu perusahaan.

Pada sisi distribusi, sisi kesulitan penerapan EAM adalah banyaknya alat yang harus diinvetarisir. Contoh yang sangat mudah adalah invetarisir jumlah trafo distribusi. Berapa ribu yang harus diinvetarisir jumlah tersebut? Itu baru hanya jumlah, bayangkan kalau menambah variabel-variabel seperti suhu, beban, tahanan dan lain-lain itu sangat membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Itu baru trafo saja, bayangkana kalau harus menginvetarisir juga FCO (fuse cut out) , Arrester, Tiang listrik , kubikel 20 kV , jaringan tegangan menengah, LBS , Recloser sampai dan bahkan kWH meter (baik pasca maupun prabayar). Inilah tantangan dari kawan-kawan distribusi yang harus dikerjakan.

Di bidang transmisi dan pembangkit, sudah ada aplikasi yang menyediakan aplikasi EAM (saya lupa namanya) dengan investasi yang tidak sedikit untuk membangun aplikasi tersebut (kabarnya sampai sekian M) , itulah kenapa EAM sangat mahal harganya. Pada pembangkit, dengan menggunakan aplikasi tersebut, sudah dapat diprediksi jadwal pemeliharaan untuk tahun depan, tahun depannya lagi bahkan prediksi alat yang akan rusak. WOW luar biasa!, Dengan begitu pembangkit pun bisa terjadwal kapan harus padam.

Kawan-kawan distribusi juga tidak boleh kalah harusnya. Distribusi yang menjadi sumber duit perusahaan ini harusnya lebih efisien bergerak daripada kawan-kawan di pembangkit. Kenapa seperti itu? Di bidang distribusi sudah terbentuk rayon-rayon sehingga unit organisasinya lebih modular ketimbang di pembangkit yang kumpul jadi satu. Namun yang membuat kita lengah dengan kurang memikirkan efisiensi adalah kawan-kawan distribusi terlalu sibuk mengurusi kegiatan harian / operasional sehingga yang terjadi hanyalah kegiatan rutinitas yang terjadi.

Jelas EAM membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk bidang distribusi. Yang harus dimulai oleh kawan-kawan distribusi adalah mulai inventarisir asset mereka , itu saja dulu sepertinya. Karena tidak mudah untuk mulai asset-asset kecil namun banyaknya luar biasa. Setidaknya bila mulai invetarisir trafo, kawan-kawan distribusi sudah dapat mengetahui berapa trafo yang harus dibeli untuk tahun berikutnya. Berapa trafo yang harus direkondisi tahun ini, yang harus dipelihara , harus diganti dan sebagainya.

Salah satu yang sudah dimulai oleh kawan-kawan distribusi adalah dimulainya implementasi aplikasi E-Map di Jawa Bali. Ini penting, dengan adanya aplikasi E-Map, paling tidak bila penerapannya konsisten adalah SAIDI-SAIFI mendekati akurat. Karena adanya aplikasi E-Map, program pemetaan jaringan lebih jelas, lebih terlihat. Beban per-section terlihat, jenis trafo dalam pelanggan tersebut, jaringan apa saja yang berada disitu, (A3C atau A3CS dsb) atau berapa section yang ada dalam jaringan tersebut. Salah satu keunggulan E-Map paling tidak membantu untuk pemetaan susut (losses) dengan diketahuinya ketidakseimbangan beban dalam jaringan tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan dalam bidang SCADA ?

Sama saja, mulailah invetarisir asset. Asset apa saja yang SCADA punya. SCADA mungkin lebih terlihat supporting sistem untuk distribusi. Namun kalau benar-benar kehandalannya terlihat, apapun menjadi ketergantungan dengan SCADA. Ada beberapa rekan Area yang belum mulai mengoperasikan jaringannya bila SCADA-nya belum siap. Nah ini kesempatan yang bagus untuk bidang SCADA menonjolkan dirinya bahwa mereka sudah membutuhkan APD.

Bagaimanapun juga SCADA adalah tulang punggung operasi distribusi. Siapa juga yang mau terus-terusan menggunakan sistem manual yang harus didatangi peralatannya. Sayangnya SCADA belum mampu menjawab tantangan tersebut. Untuk mengetahui berapa penyulang yang sudah terintegrasi masih harus cari sana – sini, berapa penyulang yang memakai SCADA ROPO / Survalent masih harus diinventarisir. Padahal itu adalah dasar untuk menjawab tantangan kedepan.

Bagaimana harus merencanakan asset pemeliharaan  atau rencana integrasi kedepan kalau data tersebut masih ruwet sana sini. Padahal sebenarnya dibandingkan kawan-kawan Area, Asset SCADA sepintas tidak terlalu banyak diinventarisir dibandingkan kawan-kawan Area yang berada di Jaringan. Kalau pola seperti ini terus dipertahankan, bukan tidak mungkin pola-pola pemeliharaan akan menjadi sembrono dan tidak tertata. Ini jelas tidak bagus, dengan perencanaan yang bagus dan tertata, hasil kerja kawan-kawan jelas terlihat bukan asal bos senang atau asal SIMKP tercapai.

Pentingnya EAM ini harus dimulai dari mindset dari kawan-kawan sendiri. Bagaimana sense of belonging (rasa kepemilikan) kawan-kawan terhadap alat yang diberi oleh PLN. Saya meyakini kalau sense of belonging itu sudah ada, tidur berbulan-bulan dengan peralatan tersebut juga tidak masalah. Hehehe bercanda. Sense of belonging dimulai dengan menjaga asset yang diberi / diamanahi oleh perusahaan. Sederhana saja mulainya, mulailah inventarisir!

Saya yakin dengan mulai inventarisir, paling tidak 10% prediksi gangguan sudah ketahuan dan kawan-kawan pasti sudah mulai membuat rencana jadwal perbaikan. Betul tidak? Memang tidak mudah, namun kalau tidak memulainya pasti jauh lebih sulit. Saya yakin kawan-kawan yang masuk PLN ini sudah pintar-pintar. Lulusan terbaik dari seluruh universitas terbaik berada disini, jadi kurang apalagi seharusnya dari perusahaan ini?

Beruntungnya saya waktu diklat kemarin bertemu dengan orang-orang pintar, walaupun sudah sepuh-sepuh kebanyakan namun mengagumkan sekali pengalamannya. Inilah kawan-kawan yang masih muda harus mengambil pengalamannya. Kawan-kawan yang sepuh pun juga jangan segan membagi ilmu, kenapa? Karena yang membiayai pensiunan kawan-kawan yang sepuh juga dari kawan-kawan yang muda. Inilah pesan Pak Tjatur kemarin.

Ayo, mulailah jangan bersikap pesimis dengan perusahaan ini. Setidaknya masih banyak orang baik, hal-hal baik, pekerjaan yang baik yang masih perusahaan ini sanggup berikan atau setidaknya anda-lah yang memulai dulu dengan menyebar banyak kebaikan.

CEO Note – Dahlan Iskan – 10 Oktober 2011

Agar Ayam Tidak Tercekik di Lumbung Padi

Transmisi 500kV

Cap “listrik mati di lumbung energi” sudah lama melekat di lima propinsi ini:  Riau, Sumsel, Kalsel, Kalteng dan Kaltim. Lebih 15 tahun krisis listrik melanda mereka. Padahal batubara dari lima propinsi itulah yang membuat kota-kota besar dunia seperti Singapura dan Hongkong terang-benderang.

Yang seperti itu tentu tidak boleh berlanjut lebih lama lagi. Akhir tahun ini Sumsel sudah bisa men- delete cap negatif  itu. Bulan lalu unit 1 PLTU batubara di dekat Prabumulih, sudah menghasilkan listrik 115 MW. Bulan depan unit 2-nya menyusul beroperasi.

Belum lagi yang bertenaga gas. Dalam tiga bulan ke depan Sumsel akan dapat tambahan 200 MW dari gas setempat. Dalam tahun ini secara total Sumsel dapat tambahan hampir 500 MW. Maka mulai Januari nanti, cap “listrik mati di lumbung energi” mesti sudah berubah menjadi “Si lumbung energi mulai berbagi rejeki”. Maksudnya, Sumsel akan membagi kelebihan listriknya ke Riau dan Bengkulu melalui transmisi Pagar Alam-Kiliranjau-Payakumbuh-Pekanbaru. Continue reading

Kenapa kita harus mandi di pagi hari

Copied from : http://informasitips.com/7-manfaat-mandi-pagi-yang-wajib-kamu-ketahui

Rutinitas yang padat sehari-hari menuntut kita senantiasa aktif dan produktif. Untuk itu, diperlukan kondisi tubuh yang segar dan prima agar kita bisa menjalankan berbagai aktivitas sepanjang hari. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan tetap prima adalah dengan mandi pagi. Saya yakin kamu semua melakukan kebiasaan ini setiap hari bukan. Memang terkesan sepele namun sangat berguna dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Menurut beberapa penelitian, sebaiknya manusia membiasakan diri untuk mandi pagi setiap hari dengan air dingin. Mandi pagi dengan air dingin tidak hanya bertujuan untuk membersihkan badan saja loh. Ternyata kebiasaan ini memiliki banyak manfaat lainnya yang berguna bagi kesehatan manusia. Berikut 7 manfaat mandi pagi dengan air dingin yang perlu kamu ketahui:

  1. Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah
    Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar.Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

  2. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih
    Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.
  3. Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi
    Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.
  4. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan
    Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.
  5. Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh
    Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal.Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

  6. Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat
    Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.
  7. Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi
    Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat.Namun, terlepas dari ritual yang biasa dilakukan orang Jepang tersbut, rasanya memang logis ya bila mandi air dingin bisa berefek meredakan depresi dan stress. Coba bayangkan bila kita sedang suntuk, dalam keadaan tegang atau depresi karena sesuatu hal, setelah kita mandi maka tubuh akan terasa lebih segar, pikiran menjadi lebih tenang, jernih, dan lebih rileks ya kan.

Wah, ternyata mandi pagi khususnya dengan air dingin tidak hanya sekedar ritual wajib yang biasa dilakukan setiap hari, ya. Di balik kebiasaan ini ada begitu banyak manfaat yang amat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Sekarang, tidak ada alasan lagi dong untuk malas mandi pagi…

[Sharing] Belajar Goblok ala Bob Sadino

Taken from KASKUS, here
————————————————————————————————————————————————————

BATAM (BP) – Siapa yang tak kenal Bob Sadino? Ia enterpreneur sejati. Gayanya nyentrik, pola pikirnya unik dan cenderung terbalik. Keluar dari pakem teori dan buku teks ekonomi. Tapi, bisnisnya sukses. Pengusaha kawakan dengan ciri khasnya celana pendek dan kemeja itu, datang ke Batam berbagi pengalaman dan belajar goblok dengan pengusaha muda Batam. Apa maksudnya?

PEBISNIS yang biasa baca buku marketing, manajemen, dan makan sekolahan, dibikin bingung Bob Sadino, pengusaha yang terkenal dengan Kem Chicks-nya ini. ”Hidup saya tanpa rencana dan tanpa target. Buku-buku di sekolah sudah meracuni pikiran Anda. Padahal, informasi itu sudah basi dan jadi sampah. Sekolah menghasilkan orang untuk bekerja, tapi bukan memberi peluang kerja bagi orang lain,” katanya. Nah, bingung kan?

Lelaki yang sudah berbisnis selama 36 tahun dan biasa disapa Om Bob ini bercerita, ia berani keluar dari kemapanan bekerja di Jakarta Lyod, jadi pengangguran, jadi kuli bangunan dan supir taksi. Ia lalu berkirim surat ke teman-temannya di Belanda, agar dikirimi ayam petelur. Saat itu, orang tidak biasa mengkonsumsi telur. Jadilah ia peternak ayam broiler dan menjual telur ayam. ”Sayalah orang pertama yang mengenalkan telur kepada bangsa ini,” katanya.

Namun, jalan hidup Bob tidak semudah membalik telapak tangan. Ia menjual telur ke tetangga. Telurnya tidak laku karena warga Kemang tak biasa makan telur yang besar-besar itu, tapi telur ayam kampung. Beruntung, beberapa bule menyukainya. Permintaan pun bertambah. Tidak hanya telur, merica, garam dan belakangan berkembang ke bisnis daging olahan seperti sosis.

Continue reading

Rownum & Order By Oracle

Hello there,
berbagi sedikit tips dan trik nih

Malam ini Saya sedikit dipusingkan dengan fungsi Rownum yang tidak berkolaborasi dengan fungsi Order By Oracle. Maksud saya begini, saya ingin mendapatkan 10 data teratas berdasarkan selisih nilai tabel. Awalnya saya memakai query seperti ini.

SELECT *
FROM TIME_SUCCESS_COMMAND
WHERE COMMAND_TYPE = 'Open'
AND ROWNUM <=10
ORDER BY DIFFERENCE ASC

maka kita akan mendapatkan hasil yang salah, karena nbaris yang ditampilkan adalah sebelum proses ORDER.Oracle akan mengambil n baris pertama tanpa mengurutkan, kemudian dari n baris yg dihasilkan baru diurutkan. Jadi query yg benar adalah:

SELECT *
FROM (
	SELECT *
	FROM TIME_SUCCESS_COMMAND
	WHERE COMMAND_TYPE = 'Open'
	ORDER BY DIFFERENCE ASC
)
WHERE ROWNUM <=10');

Maka kita tidak pernah mendapatkan hasil apapun(kecuali nilai m <= 1), karena kondisi rownum >= m tidak akan pernah terpenuhi. Misalkan saja rownum >= 5, hasilnya tdk ada karena rownum selalu dimulai dari 1. Utk mencapai rownum ke 5 harus didapatkan dulu rownum ke-1 sampai 4 (yang ternyata tidak mungkin terpenuhi karena kondisi querynya: rownum >= 5).

Happy Coding All

maka kita tidak pernah mendapatkan hasil apapun
(kecuali nilai m <= 1), karena kondisi rownum >= m
tidak akan pernah terpenuhi.
Misalkan saja rownum >= 5, hasilnya tdk ada karena
rownum selalu dimulai dari 1. Utk mencapai rownum ke 5
harus didapatkan dulu rownum ke-1 sampai 4 (yg
ternyata tidak mungkin terpenuhi karena kondisi
querynya: rownum >= 5).