Koneksi Oracle dengan CodeIgniter

Karena pagi-pagi gak ada kerjaan dan hanya kelesotan di kasur, maka sebaiknya melakukan sedikit yang berguna dengan memberi sedikit tutorial. Tutorial yang gak berat sih, tapi saya yakin ini bermanfaat.

Saya akan sedikit memberi tips bagaimana koneksi Oracle 10g dengan CodeIgniter 1.7.2 dalam environment XAMPP 1.7.3. Buka folder config pada CodeIgniter lalu cari file database.php dan ini skrip untuk setingan koneksi.

$db['default']['hostname'] = "(DESCRIPTION=(ADDRESS=(PROTOCOL=TCP)(HOST=localhost)(PORT=1521))(CONNECT_DATA=(SID=orcl)))";
$db['default']['username'] = "semarang";
$db['default']['password'] = "semarang";
$db['default']['database'] = "";
$db['default']['dbdriver'] = "oci8";

Eniwei, jangan lupa un-comment driver koneksi oracle di php.ini dengan cara menghilangkan tanda “;” di awal depan karakter driver php_0ci8.dll dan File php.ini bisa anda temukan di, folder php/php.ini

;extension=php_mysqli_mysqlnd.dll
extension=php_mysqli_libmysql.dll
extension=php_oci8.dll
extension=php_pdo.dll
;extension=php_pdo_dblib.dll";

Leave a comment if you wanna something to discuss it :), Happy Weekend all

Instalasi Web Server : [ XAMPP ]

Hello there..

jumpa lagi dengan saya.. tutorial kmaren membahas mengenai apa php dan knapa php ..

lanjut aja deh.. menganjak tutorial berikutnya adalah web server

hmm apa itu web server bos ? menurut yang saya comot dari sini , dikatakan :

A computer program that is responsible for accepting HTTP requests from clients, which are known as web browsers, and serving them HTTP responses along with optional data contents, which usually are web pages such as HTML documents and linked objects (images, etc.).

yaitu sebuah software yang mampu menangani permintaan HTTP seperti permintaan buka halaman, buka profile ini, query A mpek Z kemudian mengirim kembali seperti data-data hasil query atau gambar atau kode-kode lainnya.

Web Server istilahnya buat rumah script-script koding, disitulah pusat semua halaman web yang akan diakses, semua koding-koding yang berupa lembaran program ditambah html jadi satu disitu.

Berbagai macam HTTP yang terkenal adalah Apache, IIS dan GFE punya Google,

hmm.. oke kita tidak membahas itu skarang,,

dalam tutorial kali ini, webserver adalah XAMPP, bagi yang pernah mrogram koneksi database MySQL pasti udah tau yang namanya ini. XAMPP kepanjagan dari ( X Windows, Apache , MySQL, PHP dan Perl ) jadi XAMPP ini udah embedded macam2 keperluan untuk webserver sehingga hal ini mempermudah para programmer. Hal ini berbeda dengan yang dulu2 dimana menginstall Apache dulu kemudian dikoneksi dengan MySQL yang bentuknya Aplikasi Dekstop, kalo XAMPP bentuk MySQL-nya berupa Browser yang bernama PHPMyAdmin

yah itu tadi gambaran awal dari XAMPP, next is how to install XAMPP..

1. Siapin kira2 ladang kosong sebesar 300mb-an lah, namanya juga embedded jadi satu jadi ya kudu gede..

2. Download XAMPP di sini dan tunggu aja deh mpek donlotnya selese

3. Udah dapet file nya kan ? sep bagus dah. Lanjut yuk tutorialnya, skarang klik 2x filenya tuh.. dan hasilnya seperti ini

a1.jpg

but ane pake xammp yang versi 1.6.3a, link yang ane kasih versi 1.6.6

4. lanjutnya adalah, pilih lokasi folder dmana xammp d letakkan

a2.jpg

5. berikutnya adalah pemilihan setting buat xampp, kalo ane seh, tanpa centang untuk install apache as service + mySQL nya, cos biasanya kalo d centang sering crash bertabrakan apabila kompie anda udah ke install semacam mySQL biasa atau apache biasa. Setelah itu next aja dah

a3.jpg

6. tunggu aja deh instalasinya,, sambil nunggu selese ada baiknya baca ini dulu yak

a4.jpg

7. setelah selese baca halaman di atas, kembali lagi ke instalasi xampp. Instalasi telah selesai dan Anda menjumpai

a5.jpg

8. Klik Yes untuk diatas dan Anda akan melihat tampilan seperti ini

a6.jpg

 

a7.jpg

9. Klik Start pada Apache dan Start juga pada MySQL. Untuk merasakan bagaimana XAMPP, bukalah browser anda dan ketik [ http://localhost ]

sim sala bim.. XAMPP anda pun telah terinstall. thanx to kecapius , hoeeekk

oh ya, dmana ya Phpmyadmin ya ? ketik aja [ http://localhost/phpmyadmin%5D

dan inilah hasilnya :

a8.jpg

lalu mas dmana ku harus meletakkan file-file buat d jalanin ? tenang.. mash inget kan dmana Anda telah menginstall XAMPP ? lah ada folder htdocs, disitulah file-file diletakkan sama seperti pada folder www pada apache atau appservnetwok

a9.jpg

oke.. Anda telah selesai instalasi XAMPP secara keseluruhan, enw kalo ada pertanyaan atau pernyataan saya yang kurang jelas dan tidak meng-enakkan hati,

monggo saya persilahkan,

hatur nuhun

Mengenal PHP

Salam

tulisan pertama neh..

moga2 sedikit berarti buat temen2..

Tulisan pertama saya adalah mengenai tutorial php,

apa itu php ? silahkan anda baca di sini

menurut keterangan yang saya kutip dari situs tersebut ,

PHP atau PHP Hypertext Processor adalah bahasa pemrograman yang berorientasi server yang dapat dikombinasikan dengan kode-kode HTML dan PHP sangat powerful untuk berbagai macam pembuatan web atau aplikasi berbasis web.

Sebelumnya kita mesti tau donk gmana sejarah PHP

ini di comot dari sini

PHP dibuat untuk pertama kalinya pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, seorang software engineer, anggota team pengembang webserver Apache. PHP untuk versi pertamanya ini, sebenarnya merupakan sekumpulan script PERL yang digunakan Rasmus untuk membuat homepage pribadinya. Pada tahun selanjutnya (1996), Rasmus kembali menulis ulang kode-kode script PERL itu untuk diterapkan pada hal yang lebih kompleks dengan menggunakan bahasa pemrograman C, kemudian menambahkan fasilitas untuk Form HTML dan fasilitas memproses database dengan MySQL. Meluncurlah PHP versi kedua yang diberi nama PHP/F1. PHP versi ketiga diliris pada pertengahan tahun 1997, dimana pengguna PHP telah mencapai kurang lebih 50,000 website. Rasmus sendiri merasa keberatan dalam mengembangkan PHP. Oleh karena itu, Rasmus meliris PHP secara open source agar dapat dikembangkan bersama-sama dengan programmer lain di seluruh dunia.

dan kenapa PHP ? silahkan kunjungi ini dan itu

buat Anda yang barusan bertemu PHP dan kenapa harus PHP ? menurut saya adalah ini

  • Speed — not only the speed of execution, which is important, but also that it not slow down the rest of the machine. So it should not demand a lot of system resources. PHP integrates well with other software, especially under UNIX’s, has a small footprint and when run as an Apache module is already loaded for use. Plus, PHP is a thin wrapper around many operating system calls, so can be very fast.
  • Stability — its no good being fast if the system crashes every few thousand pages. No application is bug free, but having a community of PHP developers and users makes it much harder for bugs to survive for long. Under the hood, PHP uses its own resource management system, and has a sophisticated method for handling variables, making it intrinsically a robust system.
  • Security — the system should be protected from malicious attacks from users, both as programmers and as surfers. PHP provides many levels of security which can be set in the .ini file to the desired level.
  • Simplicity — programmers should be able to start being productive as soon as possible. With PHP, even HTML coders can start integrating PHP into their pages straight away. Programmers with previous experience of C, or even with Javascript can get up to speed very quickly.

Secara mudahnya dari maksud di atas adalah PHP sangat powerful, artinya PHP bisa berjalan di OS Unix , Linux mpek Windows. Selain itu PHP sangat cepat dalam mengeksekusi kode dan tidak membebani server secara keseluruhan.

PHP juga STABIL , mengapa stabil ? karena PHP didukung komunitas yang sangat kuat , sehingga bug-bug mulai yang beringas mpek berwajah muka cupu pun siap di hajar dan karena di dukung komunitas yang kuat pula PHP sangat aman, karena disitulah umumnya orang-orang saling berbagi tentang security PHP.

Sebagian besar CMS yang ada di sini menggunakan PHP mulai dari Om WordPress, Pakde Joomla, Bulik Mambo mpek Mbah Yahoo juga pake PHP, jadi mengapa tidak untuk belajar PHP ?

Masih ada yang belum jelas ? silahkan kontak ke saya, Insya Allah semoga saya bisa membantu

btw kalo artikel saya ada yang kurang berkenan monggo di benerin

The Next Tutorial : Instalasi Web Server